Bahan Membuat Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN) Lezat - Kuliner Jamur

Bahan Membuat Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN) Lezat

Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN).

Meracik Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN) merupakan suatu hal yang dapat dibilang menyenangkan. bila anda baru dalam memasak Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN), kalian akan sedikit kerepotan dalam membikin nya. maka dari itu melewati situs ini, kamu akan kami persembahkan sedikit banyak langkah-langkah menu berikut ini. Dengan mengumpulkan 19 bahan baku ini, anda dapat mulai memasak Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN) dalam 15 langkah. baiklah, segera kita mulai Memasak nya dengan langkah dibawah ini.

Kebutuhan bahan Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN)

  1. Siapkan 300 gr udang kupas(asli 250 gr),cincang halus.
  2. Anda perlu 150 gr – ayam kampung cincang halus(asli 250 gr).
  3. Perlu 3 siung dari bawang putih,cincang halus.
  4. Perlu 2 dari wortel besar diparut(asli 1/2 batang dipotong kotak kecil2).
  5. Siapkan 2 batang untuk daun bawang,cincang halus.
  6. Berikan 1 genggam dari jamurkuping,kalo kering rendam di air sampai ngembang.
  7. Perlu 1 genggam soun,rendam air.
  8. Perlu 1 sdm minyak wijen.
  9. Sediakan 1 untuk putih telur.
  10. Anda perlu Secukupnya Gula garam kaldu jamur(krn utk anak aku skip merica).
  11. Perlu Bahan kuah.
  12. Siapkan 2 liter untuk kaldu ayam kampung(asli 2 liter air biasa).
  13. Siapkan 5 siung bawang putih iris halus(asli dicincang).
  14. Anda perlu 2 buah untuk wortel potong bulat.
  15. Anda perlu 1 genggam untuk jamur kuping(potong sesuai slera).
  16. Sediakan 1 genggam – soun,rendam air.
  17. Berikan 3 batang untuk daun bawang,iris halus(asli dipotong 5 cm).
  18. Perlu 3 batang – seledri iris halus.
  19. Berikan – Gula garam kaldu jamur secukupnya(krn utk anak aku skip merica).

Sop Baso Lohua/Baso Rambutan(MPASI 17 BULAN) proses pembuatan nya

  1. Utk bahan baso,Jamur kuping dipotong kecil2 dan soun dipotong pendek(soun direndam air dingin lalu aku potong pendek2 pake gunting makanan biar gampang).kalo jamur kuping pake yg kering,rendam sampe ngembang baru dipotong.soun dan jamur utk bahan baso dipotong tapi soun dan jamur utk kuah ngga perlu dipotong ya.
  2. Campurkan bahan baso yaitu daging udang,ayam,wortel parut,jamur kuping yg udah dipotong kecil,soun yg udah dipotong pendek,diikuti dg bawang putih cincang dan daun bawang,aduk2 rata.
  3. Campurkan bumbu ke dalam bahan baso yaitu minyak wijen gula garam dan kaldu jamur.awas jgn lebay pas kasih bumbu.
  4. Campurkan juga 1 putih telur utk merekatkan adonan.adonan akan lengket tapi mudah dibentuk(maaf ga da fotonya).
  5. Ambil panci,isi dengan kaldu ayam,didihkan.
  6. Sambil menunggu mendidih tumis 5 siung bawang putih yg sudah dicincang dg minyak sampai wangi,awas gosong jadi sebentar saja asal wangi,lalu masukkan ke kuah sop(biar kuahnya wangi yaa.lezat pokoknyaaaa pemirsaa kalo kuah sop atau kuah baso dikasih bawang putih goreng ginian dijamin ketagihan).
  7. Masukkan sedikit adonan baso lohua utk mencoba rasanya(kurang asin/terlalu asin).lebih baik kurang asin ya bisa ditambah garam daripada keasinan bingung mau ditambah apa nanti๐Ÿ˜….
  8. Adonan akan mengapung kalo matang,ambil dan cicipi rasanya.koreksi rasa adonan(kurang asin/rasa tambah garam/gula/merica/kaldu jamur).kalo keasinan bisa ditambah daging/wortel/jamur/soun(repot,makanya atiati ngebumbuinnya).
  9. Setelah rasanya pas,ambil adonan dan bentuk bulat dg 2 sendok,masukkan kedalam kuah.tunggu sampe ngapung tanda baso matang(aku dapet 20 butir baso ukuran 1 sendok makan kaya difoto.puass hahaha).
  10. Sambil menunggu baso matang kita masukkan wortel yg sudah dipotong bulat dan jamur kuping.sambil koreksi rasa kuah sop nya kurang apa ya(tambahkan gula/garam/merica/kaldu jamur).
  11. Setelah baso mengapung(berarti mateng) masukkan soun dan daun bawang n seledri.masak sebentar aja biar soun ngga medok.
  12. Tips…kalo mau gampang n praktis dan ngga mumet(gue banget)pakailah food processor lalu tekan tombol on trus kecampur lah adonan basonya semuanya ya..tapi nanti bakalan halus banget lho.utk mpasi anak ya cocok krn lembut kan gampang dikunyah anak tapi utk papi maminya belom tentu ya.krn orang ada yg kepengennya terasa tekstur basonya berasa soun n jamur kupingnya pas dimakan.aku pribadi kebetulan ngga pake food processor,cukup lembut n gampang kok dikunyah.
  13. Another tips..saya slalu stok kaldu ayam kampung krn utk mpasi anak.utk sop2an dan resep baso2 gini,kaldu ayam kampung asli(yg dimasak dari ayam beneran,bukan air ditaburi kaldu bubuk yg katanya ekstrak ayam) itu enak banget,gurih dan berasa bgt lain sama air doang yg dibumbuin penyedap rasa ayam misal R*yco gitu.
  14. Another tips…kalo mau soun ngga medok,soun yg di sop jgn dicemplungin semua tapi sedikit2 aja.jadi pas mau makan,ambil baso n kuahnya lalu panasin di kompor,masukkan soun yg sudah diseduh sedikit saja.kalo dicemplungin semua,pas dipanasin lagi soun nya udah layuuu banget selayu hati mama yg ditolak makanannya sama anaknya ini๐Ÿ’”.
  15. Slesaiii..horee..1 panci bisa buat 2-3 hari utk 2 orang/ papamama(krn anak ga mau.hiks).
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *